Lembaga Advokasi dan Pendidikan Anak Rakyat

AktivitasAktivis Pelatihan Lingkungan Hidup & Pegiat HAM berkunjung ke LAPAR Sulsel

Aktivis Pelatihan Lingkungan Hidup & Pegiat HAM berkunjung ke LAPAR Sulsel

Dalam rangka pengenalan dan perluasan jaringan kelembagaan, peserta pelatihan pegiat lingkungan hidup berkunjung ke Lembaga Advokasi dan Pendidikan Anak Rakyat Sulawesi Selatan (LAPAR SULSEL) pada Selasa (21/06).

Kunjungan para peserta pelatihan ini difasilitasi oleh Peace Brigades International (PBI), Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (eLSAM) dan Wahana Lingkungan Hidup Sulawesi Selatan (WALHI SULSEL) yang merupakan pelaksana pelatihan.

Menurut Rahmat, salah satu panitia pelaksana kegiatan, kunjungan kelembagaan ini merupakan wadah silaturahim yang bertujuan untuk menjahit jaringan masyarakat sipil khususnya yang berada di Papua, Maluku dan Sulawesi Selatan. “Ini tentu merupakan kegiatan positif sebagai bentuk perluasan jaringan kelembagaan untuk saling sharing mengenai issu dan perspektif mengenai kerja-kerja jaringan masyarakat sipil” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, para peserta berdiskusi dengan Direktur LAPAR SULSEL, Iqbal Arsyad terkait pengalaman dan kiprah LAPAR SULSEL dalam mengadvokasi isu-isu strategis di masyarakat serta kerja-kerja konkrit secara kelembagaan.

“Sejak berdirinya, secara organisasional LAPAR masih tetap konsisten terhadap isu yang digeluti yaitu Demokrasi, Pluralisme dan Kebudayaan” terangnya. Ia juga menambahkan, mengenai aktivitas LAPAR selama ini lebih banyak bersentuhan dengan pengadvoaksian terhadap kelompok minoritas, baik itu minoritas Agama, Gender, serta kelompok Marjinal.

Dalam kunjungan ini, para peserta pelatihan saling berbagi cerita dan pengalaman dalam menjalani aktivitas sebagai pegiat HAM, khususnya di Maluku, Papua dan Sulawesi Selatan. Salah satunya, Roy sebagai peserta dari Ambon yang berdiskusi mengenai anomali politik identitas dan eksploitasi sumber daya alam yang terjadi di Maluku. “Benturan identitas selalu menjadi momok dalam kehidupan masyarakat maluku dan eksploitasi sumber daya alam kian masif terjadi dan mengebiri hak-hak masyarakat kecil di sana dan ini perlu dijawab bersama” tambahnya.

Kunjungan kelebagaan ini diakhiri dengan foto bersama antara peserta pelatihan dengan direktur LAPAR SULSEL.

Terbaru

Lainnya